Pages

Saturday, April 03, 2010

Motivasi itu Penting !!

Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku, menurut parabahli motivasi menjadi dorongan (driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.
Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain.


Haruskah kita memiliki motivasi?
Pasti jawaban adalah harus,karena tindakan yang kita lakukan tidak akan terlaksana jika dilakukan tanpa motivasi. Motivasi memiliki 2 fungsi yaitu;

1. Meningkatkan semangat

Motivasi memang bukan jaminan kita tidak akan gagal. Tapi motivasi penting karena hal itu dapat meningkatkan dan memompa semangat yang akan menghasilkan energy untuk meraih keberhasilan. Misalnya dalam kompetisi sepakbola, sebuah tim yang terus mengalami kekalahan beruntun akan rentan mengalami kehilangan motivasi dan putus asa. Tidak selalukekalahan mereka adalah karena skill yang kurang bagus atau strategi yang kurang pas. Karena itulah dalam sebuah kompetisi professional, pelatih tim juga bertugas terutama sebagai pembangkit motivasi. Motivasi di sini penting agar tim dapat melupakan kekalahan masa lalu dan bersemangat kembali menghadapi tantangan masa depan.

2.Memberikan Fokus

Motivasi juga akan menghasilan fokus. Misalnya, ada seorang staff sedang mengalami masalah pribadi, padahal saat itu ia harus melakukan tugas penting yang menuntutnya tampil prima dan ceria. Tentu saja di sini masalah pribadinya itu harus dikesampingkan terlebih dahulu. Yang ia butuhkan kini bukan semangat, tapi fokus. Atasan atau para staff lain punya kewajiban untuk memotivasinya agar tetap fokus pada pekerjaan yang akan ia hadapi. Di sinilah peran motivasi sebagai pemberi fokus, untuk memprioritaskan hal yang lebih penting dulu.


Contoh cerita motivasi;


Kerendahan Hati

Kalau engkau tak sanggup menjadi beringin yang tumbuh di puncak bukit,jadilah saja semak belukar. Tetapi belukat yang terbaik yang tumbuh ditepi danau. Kalau engkau tak sanggup menjadi belukar, jadilah saja rumput. Tetapi rumput yang terbaik yang memperkuat tanggul pinggiran jalan. Kalau ngkau tak sanggup menjadi jalan raya, jadilah jalan kecil, yang membawa orang kemata air.

Tak semua menjadi nahkoda, tentu ada awak kapalnya. Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya dirimu. Jadilah saja dirimu, sebaik-baiknya dirimu sendiri.

1 comment:

  1. Motivasi harus dimiliki setiap orang, ketika sedang lemah tidak semangat mau ngapa-ngapain, maka motivasi dimunculkan agar kembali semangat menjalani hidup ini.

    ReplyDelete

pesan dan kesan anda ???