Pages

Saturday, April 03, 2010

Meripair Groub di Linux

Hal ini sering terjadi jika anda ingin menggunakan 2 atau lebih OS sekaligus dalam satu harddisk PC/Laptop misal ubuntu dan windows. Yaitu pada saat kita meripair xp, vista groub di linuxnya akan hilang. Kemudian cara mengatasinya adalah ;
Pertama-tama kita harus mempersiapkan Ubuntu Live CD, jika tidak punya bisa juga menggunakan bootloader dari flash disk. Kemudian ubah settingan pada BIOS, CD atau flash disk pada urutan pertama (first boot option). Jika PC Anda sudah diset untuk boot ke CD-ROM, Anda bisa menunggu sampai layar pilihan boot Ubuntu muncul pilih saja Try Ubuntu (without any change on your computer). Setelah masuk Live CD Desktop jalankan Terminal dengan meng-klik menu Applications > Accessories > Terminal. Cek partisi Linux kita dengan menggunakan perintah :


sudo fdisk -l
Setelah diketahui partisi Linuxnya (misalkan partisi Linux pada laptop saya adalah sda2), kemudian lakukan mounting seperti berikut ini :
sudo mount -t ext3 /dev/sda2 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt /bin/bash
Sekarang kita akan mengembalikan GRUB ke MBR, perintahnya :
grub-install /dev/sda
Sekarang kita akan mengembalikan kedalam partisi Linuxnya (dalam hal ini lokasi partisi Linux laptop saya berada di /dev/sda2), perintahnya :
grub-install /dev/sda2
Jika tidak ada pesan error maka setelah Anda melakukan Reboot, bootloader akan kembali seperti semula. dan terakhir jika anda ingin menambahkan windows bootloader kedalam menu grub perintahnya :
sudo update-grub
sekian dulu, semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment

pesan dan kesan anda ???