Pages

Friday, December 25, 2009

Trick-trick di dalam Komputer

Mematikan Monitor & Harddisk otomatis
Manusia adalah mahluk yang pelupa,tidak semua dapat di ingat oleh otak manusia.Dan teknik ini dapat membantu manusia, sebagai berikut ini. Dimana Monitor dan Harddisk akan mati secara otomatis jika tidak digunakan dalam beberapa waktu tertentu. Caranya adalah :
 Klik kanan pada desktop.
 Pilih Properties maka muncul sebuah kotak dialog Display Properties.
 Pilih tab Screen Saver, klik Tombol Power yang akan memunculkan kotak dialog Power Options Properties.
 Setelah itu pilih tab Power Schemes, dalam kkolom Setting for Always On Power Schemes aturlah beberapa jam atau menit monitor dan Hrddisk akan mati secara otomatis jika tidak digunakan.Setelah selesai klik tombl OK.



Menghapus password BIOS
Jika kita pernah mengalami lupanya password BIOS itu dapat membuat kita geram.Kini hal tersebut tidak terlalu masalah lagi karena ternyata Mengganti password BIOS itu cukup mudah.
Caranya adalah :
Ha pertama yang harus kiat lakukan adalah dengan membuka casing,matikan powernya.Setelah itu didekat baterai BIOS terdapat sebuah jamper(3 pin) dengan jumper caps yang menutup 2 dari 3 pin.Bukalah jumper caps pada 2 pin (no 1 &2) dan pasangkan pada jumper pada pin no 2 & 3.Setelah itu nyalakan komputer hanya beberapa detik saja dan matikan kembali setelah itu pasang kembali jumper tersebut seperti semula.
Maka password BIOS telah hilang dan kita dapat menggunakan kembali komputer dan membuat sebuah password baru yang dapat kita ingat.
Membuat StartUp Disk
Perlu kita ketahui bahwa kita membutuhkan sebuah disket persiapan jika terjadi sebuah hal dengan komputer kita.Dengan startup disk kita bisa masuk ke komputer untuk suatu keperluan darurat maupun tidak. Misalnya untuk menformat harddisk,menginstal ulang windows,mempartisi harddisk dan berbagai hal lain yang kita perlukan yang tidak dapat dilakukan dalam modus windows.Dengan startup disk tersebut kita dapat masuk kedalam kumputer dengan menggunakan modus DOS.
Untuk membuat sebuah startup disk ikuti langkah beriku:
Masuk kedalam Control Panel, kliklah icon Add/Remove Programs, maka muncul kotak dialog Add/Remove Programs Properties.
Pilihlah tab Startup Disk maka windows akan meminta kita akan memasukan disket.Setelah itu masukan disket dan tunggulah proses pembuatan hingga selesai.

No comments:

Post a Comment

pesan dan kesan anda ???